a.
Apa yang dimaksud dengan kualitas?
a.1. Apa saja penentu kualitas jasa?
a.2. Apa kaitan antara ISO 9000 dan 14000
dengan kualitas
a.3. Bagaimana biaya kualitas dapat
menguntungkan perusahaan? Berikan Contoh
jawaban:
a.kualitas
adalah:keseluruhan fitur dan karakteristik produk atau jasa yang mampu
memuaskan kebutuhan yang tampak dan samar (American Society for Quality)
a.1. Reability, responsivness, competence,
acces, courtesy, communication, credibility, security, understanding, dan
tangibles.
a.2. ISO 9000, merupakan standar kualitas
secara internasional, sedangkan ISO 14000 merupakan standar menejemen lingkungnan yang mengandung lima elemen
pokok, audit, evaluasi kinerja, pelabelan, dan penilaian siklus hidup untuk mencapai standar kualitas secara
internasional (ISO 9000)
a.3. dengan biaya kualitas yang baik, maka
produktifitas akan semakin tinggi, dan harga di pasar lebih rendah, keuntungan
perusahaan tinggi dikarenakan tingkat produktifitas nya tinggi juga.
Contoh:
perusahaan jamur, produksi banyak dengan harga jual rendah sesuai permintaan
pelanggan, akan cepat diambil pelanggan, sehingga kesinambungan untuk
memproduksi akan lebih tinggi, dengan ini keuntungan perusahaan jamur juga akan
meningkat.
b. Apa yang dimaksud dengan TQM?
b.1. Apa saja
perangkat TQM?
b.2.
Bagaimana konsep yang diperlukan untuk membuat program TQM efektif?
b.3. Dengan
memahami contoh halaman 321, buatlah diagram alir untuk pelayanan gizi di
Puskesmas PBL anda
jawaban:
b.
TQM adalah suatut strategi kualitas yang berhasil dimulai dengan lingkungan
organisasi yang membantu perkembangan kualitas yang diikuti oleh pemahaman
prisip kualitas, upaya untuk melibatkan para pekerja dalam aktivitas yang
dibutuhkan untuk mengimplementasikan kualitas yang mengacu pada penekanan
kualitas yang meliputi organisasi keseluruhan, mulai dari pemasok hingga
pelanggan.
b.1. perangkat TQM antara lain: lembar
periksa, diagram sebar, diagram sebab akibat diagram pareto,diagram alir, histogram dan statistical proses control.
b.2. menggunakan 7 konsep program TQM yang
efektif yaitu:perbaikan berkesinambungan, six sigma, pemberdayaan pekerja,
benchmarking, just-in-time, konsep taguchi, dan pengetahan perangkat TQM (lihat
jawaban no b.1.)
b.3. alur penanganan gizi buruk di puskesmas pondok aren. lihat gambar
penjelasan:
1.
Laporan
kasus gizi buruk
2.
Dari
masyarakat
3.
Dari
hasil penimbangan di posyandu
4.
Dari
hasil pemeriksaan fisik di fasilitas kesehatan
5.
Konfirmasi
status gizi dengan BB/TB, Pemeriksaan fisik
6.
BB/TB
< -2 s.d -3 SD
7.
GIZI
KURANG
8.
PMT
PEMULIHAN
9.
BB/TB
< -3 SD, gejala klinis (+)
10.
GIZI
BURUK TANPA KOMLIKASI
11.
Rawat
jalan PPGM/ pendampingan
12.
Membaik
13.
Tidak
membaik
14.
BB/TB
≥ -3 SD, Gejala klinis (+)
15.
BB/TB
< -3, gejala klinis (-)
16.
GIZI
BURUK DENGAN KOMPLIKASI
17.
Rawat
inap di puskesmas/TFC
18.
Membaik
19.
Tidak
membaik
20.
Meninggal
21.
Dirujuk
ke rumah sakit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar